Tanya Jawab Soal

Kali ini penulis menyediakan halaman khusus untuk tanya jawab soal Matematika. Silakan bertanya pada kolom komentar berikut. Insyaallah kami akan membantu menyelesaikannya. jika kesulitan boleh mengirimkan via email atau facebook.

Selamat Belajar

322 thoughts on “Tanya Jawab Soal

  1. 5 Lunsin mainan anak anak di beli seharga Rp.312.000, kemudian di jual. Ternyata mengalami kerugian sebesar Rp.18.000. Harga penjualan tiap buah mainan tersebut adalah….

    • perhatikan bahwa banyak susunan huruf pada kata TITIK ada 5!.
      karena ada 2 huruf yang masing2 muncul 2 kali, maka banyak susunan yang terbentuk adalah 5!/(2!2!) = 120/(2.2) = 120/4 = 30 susunan.

      semoga membantu :)

  2. Rudi membeli satu unit laptop dan setelah 6 bulan dijuaal kembali dengan harga Rp. 7650000 dan persentase kerugian 10% maka harga leptop mula-mula adalah?

    • Harga beli = Harga Jual x (100 / (100-persen rugi))
      = 7.650.000 x (100/(100-10))
      = 7.650.000x(100/90)
      = Rp 8.500.000,00

  3. pak hadi menabung di bank dengan bunga 6% pertahun. jika tabungan pak Hadi sekarang Rp 2.600.000,- , maka besar tabungan pak hadi 8 bulan yang lalu saat mulai menabung adalah..

    • Tabungan Akhir = Tabungan Awal + Bunga

      Bunga = (bulan/12)x i% x Tabungan Awal

      dari dua rumus di atas, bisa disederhanakan menjadi:

      Tabungan Akhir = (100 + (bulan/12) x i)% x Tabungan Awal

      Tabungan Awal = Tabungan Akhir : (100 + (bulan/12) x i)%

      Tabungan Awal = Tabungan Akhir x 100 : (100 + (bulan/12) x i)

      Tabungan Awal = 2.600.000 x 100 : (100 + (8/12) x 6) = 260.000.000 : (100 + 4)

      = 260.000.000 : 104 = 2.500.000

  4. Amuba akan membelah diri menjadi dua setiap 20menit,jika pada awalnya terdapat 100amuba maka banyak amuba selama 2jam adalah
    jawab cepat ya

    • setiap ketinggian naik 90 m dari permukaan laut, suhu udara turun 1/2 derajat C jika suhu udara di permukaan laut 38 derajat C, suhu udara pada ketinggian 3.600 m di atas permukaan laut adalah……..

  5. siaaang…saya mau tanya ,jika salah satu belah ketupat luasnya =120 cm2& panjang salah satu diagonalnya 24 cm ,maka panjang diagonal yang lain adalah ….cm.
    a.10
    b.20
    c.30
    d.40

    • perhatikan

      ∫ tan^4x.sec^4x dx = ∫tan^4x.sec^2x(1+tan^2x)dx

      = ∫tan^4x.sec^2xdx + ∫tan^6xsec^2dx

      = ∫u^4du + ∫u^6du

      = (u^5)/5 + (u^7)/7 + C= 1/35*(7u^5 + 5u^7) + C

      = 1/35*(7tan^5x + 5tan^7x) + C

      maaf baru smpet balan :)

  6. Alas sebuah prisma berbentuk belah ketupat, dengan salah satu panjang diagonalnya adalah 10 cm dan panjang semua sisi tegaknya adalah 12 cm. Jika volume prisma itu 600 cm^3,luas sisi prisma itu adalah?

  7. Question 2

    Question Total: 1 point
    Sebidang tanah berbentuk persegi panjang dengan panjang 0,5 km dan lebar 0,25 km. Berapa ukuran panjang dan lebar tanah tersebut jika digambar dengan skala 1 : 10.000. Kemudian tentukan keliling dan luas gambar tersebut !

    • pg: panjang gambar ;
      lg : lebar gambar
      ps: panjang sebenarnya = 0,5km = 50.000cm
      ls: lebar sebenarnya = 0,25km = 25.000cm
      skala = 1:10.000

      pg = 50.000 : 10.000 = 5cm
      lg = 25000 : 10.000 = 2,5cm

      Keliling = 2(p+l) = 2(5+2,5) = 2(7,5) = 15cm

      Luas = pxl = 5×2,5 = 12,5cm²

  8. Nilai minimun objektif f(x,y)= 3x+4y dari sistem pertidaksamaan x+2y lebih dari S̶̲̥̅̊ä♏a dengan 10 , 8x+5y lebih dari S̶̲̥̅̊ä♏å dengan 40 , x lebih dari 0 , y lebih dari S̶̲̥̅̊ä♏å dengan 0 adalah …

  9. bu nita memiliki sebidang tanah berbentuk trapesium,sepasang sisi yang sejajar masing2 panjangnya 35m dan 45 m.jika jarak kedua sisi sejajar itu 20m,hitunglah luas tanah bu nita..

  10. jika nilai kecenderungan marginal untuk konsumsi (MPC) adalah 0,8. tentukanlah dampaknya terhadap pendapatan nasional dari masing2 perubahan pengeluaran investasi (I) swasta menurun sebesar Rp 10 miliar..
    tolong dibantu, ini materi penerapan barisan dan deret dalam ekonomi!!

  11. Jika 9p/q= 16 dengan q tidak sama dengan 0, berapa persen 5p – 2q dari 10p? Tolong bantu yaa, thanks :)

  12. Jika 11a/b = 8 dengan b tidak sama dengan 0, berapa persentase b terhadap 11a – 2b? Tolong bantu yaa, thanks :)

  13. halo saya mau nanya soa2xl ini pliss ya dijawab buat besok soalnya
    disederhanakan
    a. 2 pangkat 5 x 2 pangkat 9 x 2 pangkat 12 =
    b.2 pangkat 5 x 3 pangkat 6 x 4 pangkat 6 =
    c. 2 x pangkat 3 x 7 x pangkat 4 x (3x) =
    d. 2 pangkat 5 x 3 pangkat 5 x 4 pangkat 2 per 12 pangkat 2

  14. diketahui segitiga abc dan pqr sebangun dengan sudut a=31derajat b=112 derajat p=37 derajat q=31derajat
    A.tentukan sudut c dan r
    B.apakah segitiga abc-pqr?jelaskan
    C.pasangan sisi mana yang sebanding?

  15. Selisih suhu udara dalam lemari es dengan udara di luarnya pada saat yg bersamaan terpaut 53derajar c . Udara di luar lebih panas. Saat itu juga ada air panas didalam gelas yg suhunya 45 derajat c lebih panas dibanding suhu udara di luarnya maka tentukan :
    1. Suhu udara dalam lemari es dan air panas dalam gelas
    2. Selisih suhu udara dalam lemari es dan air dalam gelas utuh.

    Please jawab ya ☺

  16. seorang tukang akan membuat pintu dengan bentuk persegi panjang.pada gambar panjangnya 5 cm dan lebarnya 2,5 cm.jika panjang pintu sebenarnya 2,5 m,berapakah lebar daun pintu sebenarnya?

  17. Boleh minta bantuannya kah?? Saya ga ngerti dengan soal ini ..
    “Suatu bingkai kayu berbentuk persegi panjang dengan ukuran 40 cm x 30 cm, lebar kayu bingkai 3 cm. Apakah persegi panjang tepi luar tersebut sebangun dengan persegi panjang tepi dalamnya ? Jelaskan!”
    Sebelumnya makasih;’)

    • cari gradien grs yg melalui (-1,-3) dan (3,7)
      g1=(y2-y1)/(x2-x1)
      =(7-(-3))/(3-(-1))
      =10/4=5/2

      g2 tegak lurus g1
      g2=-1/g1=-1/(5/2)=-2/5

      pg yg melalui (3,-2)
      y-y1=m(x-x1)
      y-(-2)=-2/5(x-3)
      nah, bisa dilanjutkan sndiri :)

  18. 1. jika a,b adalah bilangan asli dan a ≤ b sehingga √3 + √a (/) √4 + √b (baca :per)
    adalah bilangan rasional maka pasangan (a,b) adalah ????

    2.nyatakan b dalam a dan c pada ∛(b√c)/√(c∛a)=abc

    3.bentuk ∜(49-20√6) dapat disederhanakan menjadi..??

    • 1) karena 3 dan 4 koprima, haruslah
      a|4 dan 3|b, atau
      b|3 dan 3|a.
      Case1
      a|4 ⇒ a=1, 2, 4 ⇒(a,b)=(1,12), (2,6), (4,3)
      case2
      b|3 ⇒ b=1,3 ⇒(a,b)=(16,1),(4,3).
      dari sekian pasang, yg memenuhi syarat a≤b adalah (1,12), (2,6)

      2) kita pangkatkan 6 kedua ruas
      (b²c)/(c³a) = (abc)^6
      b²/c²a =(abc)^6
      1/(c²a)(ac)^6 = b^6/b²
      1/(a^7c^8)=b^4
      b=1/(a^1¾c²)=(a^-1¾c^-2)

      3) ∜(49-20√6)=∜(25+24-2.5.2√6)
      =∜(5-2√6)²
      =√(5-2√6)
      =√(3+2-2√3.√2)
      =√(√3+√2)²
      =√3+√2

  19. Saya gk ngerti nih
    Ada soal nomer 5 gini :
    Tentukan himpunan pada soal no.5 yang memuat {2}

    Mksdnya gimana yah?

  20. Ini soal beranak ya :D
    Tentukan pernyataan mana yg benar dari pernyataan2 berikut!
    A. X ∈ {x}
    B. X ∈ {{x}}
    C. {x} ⊂ {x}
    D. ∅ ⊂ {x}
    F. {x} ∈ {x}
    G. ∅ ∈ {x}
    H. {x} ⊂ {{x}}

    Mhon bantuannya ;)

  21. jika panjang suatu tanah adalah 40 m dan lebarnya 36 m, ditengah – tengahnya dibuat jalan dengan posisi silang dengan lebar 2 m, maka luas tanah yang dibuat jalan adalah…………cm kuadrat

  22. Z mau nanya d’jawab yach
    A. 2pangkat5 x 3pangkat6 x 4pangkat6
    B. 2pangkat5 x 3pangkat5 x 4pangkat2 per 12pangkat2
    C. 2xpangkat3 x 7xpangkat4 x (3x) pangkat2

  23. bila tiara mengendarai mobil dengan kecepatan rata-rata (4x-12)km/jam selama 3/4 jam di lanjutkan naik kereta api dengan kecepatan rata-rata (4x+8)km/jam selama 3jam,maka jarak yang d tempuh tiara adalah

  24. laras menabung uang 500.000 enam tahun yang lalu. sekarang uang tabungannya berjumlah 1000.000, Jika setiap 6 tahun jumlah uang tabungan laras menjadi 2 kali lipat… setelah berapa tahun uang tabungannya yg 1000.000 menjadi 8000.000 ??

  25. cara nya gimana soal ini ? !

    dua buah tali berwarna merah dan biru masing2 pnjngnya 91 cm dn 143 cm. kedua tali trsbut dipotong dgn ukuran terpanjang, sehingga masing2 potongan sama panjang. Banyak potongan dari kedua tali trsbut adalah…

    tolong di jawab ya.. pr untuk bsok .

  26. bagaimana cara menghitung soal seperti ini
    ”sebuah tangga disandarkan pada dinding tembok, panjang tangga 2.4m dan sudut antara tangga 20 derajat. Tentukan jarak antara puncak tangga dengan tanah”

    Mohon bantuannya ya, Terimakasih?

  27. Malam ibu, sy mau tnya tntang peluang. Bab ini gmpng2 susah dipahamin.

    1). Pengurus inti kelas yg tdd 3 laki-laki dan 2 perempuan akan dipilih dr 7 laki-laki dan 5 perempuan. Brp mcm plhn dpt dibntuk untk kbutuhan tsb?
    Jwb: sy jwbnya P(7,3) + P(5,2).
    Bener ga, bu?
    Kan ga bisa lngsung ngmbil P(12,5) krn udh ditentuin lakinya 3 dan perempuanny 2.

    2). Diket n kursi diatur memanjang lurus. Ada brp cara jk n orang laki-laki dpt duduk dibarisan kursi itu apabila 2 org tamu khusus tdk brdampingan?

    3). Trdpt 5 buku MTK, 4 buku fisika, 3 buku kimia ya akan disusun kdlm rak yg dpt memuat semua buku. Brp susunan yg mgkn jk:
    a. Buku yg sjenis saling brdmpingan.
    b. Hanya fisika saja yg saling brdmpingan.
    Jwb:
    a. 12 P (5,4,3).
    Bener kh bu pake permutasi bbrp unsur yg sama?
    b. P (12,4)

    4). Brp bnyk permutasi dr huruf2 pd kata CURRICULUM, jk a. dimulai dr huruf M
    b. dimulai dr huruf C

  28. y = 2,4 x sin 20 drjt
    y = 2,4 x 0,3420
    y = 0,8 m

    gunakan sgtga siku2 u mpermudah. 2,4 adlh r atau sisi miringnya.
    Dr rumus sin A = y /r, mk menjdi:
    y = r sin A

  29. Bu, saya mau tanya soal berikut :
    1. Sebuah tempat sampah panjang rusuknya 0.8 meter
    Berapa volume tempat sampah yang dapat tampung ?
    2. 3 pon + 100 gram + 0.05 dekal berapa ons ?
    3. Sebuah mobil melaju Jakarta sampai Merak dengan waktu 3 jam
    Kecepatan mobil rata2 8 km, berapa km Jakarta-Merak ?

  30. Pertanyaan Anda

    matematika yang jago jawab dong kelas XII IPA?

    1 ) pt.ketok magic akan memproduksi 2 jenis sepatu yaitu sepatu sepakbola dan sepatu kets.sepatu sepakbola akan di jual Rp.500.000 sepasang dan sepatu kets akan di jual Rp.250.000 sepasang. dari penjualan kedua jenis sepatu ini, direncanakan akan di peroleh keuntungan Rp.100.000 untuk sepatu sepakbola dan Rp.50.000 untung sepasang sepatu kets.jika kapasitas produksi sebulan 40.000 pasang sepatu dan modal yang di sediakan 15 miliyar rupiah tentukan keuntungan maksimal yang mungkin di dapat pt.ketok magic

    2) ling ling membeli 120 ton beras untuk di jual lagi.ia menyewa 2 jenis truk untuk mengangkut beras tersebut. truk jenis a memiliki kapasitas 6 ton dan truk jenis b memiliki kapasitas 4 ton. sewa tiap truk jenis a adalah Rp.100.000 sekali jalan dan jenis tru b adalah Rp.50.000 sekali jalan. maka ling ling menyewa itu sekurang kurangnya 48 buah. berapa banyak jenis truk a dan b yang harus di sewa agar biaya yang di keluarkan minimum?

    Kategori

    Sains & Matematika > Matematika

  31. fungsi permintaan x : 5-p+q
    y : 10-p-q
    fungsi penawaran x : -5+p+q
    y : -2-p+2q
    pajak 5%
    tentukan pajak yang ditanggung konsumen dan pajak yg ditanggung produsen!
    tolong bantuannya ya, dan cara nya gimana. makasih..

  32. sebuah drum berbentuk tabung berdiameter 70 cm dan tinggi 120 cm berisi air penuh.semua air dalam drum tersebut akan dipindahkan kedalam kaleng-kaleng kecil berisi 20 liter air.berapa banyak kaleng yang dibutuhkan?

    • √10 + 2√3 + √15 + 3√2
      √10 + √12 + √15 + √18
      √2.√5 + √2.√6 + √3.√5 + √6 √3
      √5 ( √2 + √3 ) + √6 ( √2 + √3 )
      ( √2 + √3 ) ( √5 +√6 )

  33. sebuah kebun singkong berbentuk persegi panjang dgn panjang diagonal kebun tsb 169 m dan lebar 5 m. ditengah2 kebun terdapat kolam ikan dgn ukuran 3×4 m. brp luas lahan yang tersedia untuk ditanami singkong?

  34. sebuah sampel berukuran n memberikan simpangan baku s. jika setiap nilai data ditambah 3 maka simpangan baku barunya s* yang nilainya sama dengan

  35. diberikan sekelompok bilangan 10, 20, 30, 40, 50, 60, 70, 80, 90, 100. rata-rata simpangan kelompok bilangan itu adalah

  36. Sebuah kapal memiliki dua buah tiang bendera dan 6 macam bendera yang berbeda. Dalam berapa carakah kapal tersebut dapat memberi sinyal (isyarat) dengan memakai paling sedikit 4 macam bendera. Setiap tiang dapat dipakai untuk paling banyak 3 macam bendera (spasi).

  37. Apabila negara-negara Asean akan mengutus delegasi sebanyak 6 orang anggota, yang terdiri dari 3 dari Indonesia, 2 dari Philipina dan 1 dari Malaysia. Calon-calon yang diajukan oleh masing-masing negara adalah Indonesia sebanyak 5 orang, Philipina sebanyak 4 orang dan Malaysia sebanyak 3 orang. Dalam berpa carakah utusan tersebut dapat disusun?

  38. mhon sekali bantuannya
    1. (2 + x)^6 = a0 + a1x + a2x^2 + … + a6x^6
    Tentukan:
    a) a0 + a1 + a4 + a6

    2. (2 – x + x^2)^4 = a0 + a1x + a2x^2 + … + a8x^8
    Tentukan:
    a) a1 + a3 + a5 + a7
    tolong bantuannya krn saya masih kurang paham dgn materi ini, terima kasih…

    • ( 2 + x)^6 = a0 + a1x + a2x^2 + a3x^3 + a4x^4 + a5x^5 + a6x^6
      ( 2 + x)6 = ( 2 + x) ( 2 + x) ( 2 + x) ( 2 + x) ( 2 + x) ( 2 + x)
      = 64 + 192x + 240x^2 + 160x^3 + 60x^4 + 12x^5 + x^6

       64 + 192x + 240x^2 + 160x^3 + 60x^4 + 12x^5 + x^6 = a0 + a1x + a2x^2 + a3x^3 + a4x^4 + a5x^5 + a6x^6
      Maka dari persamaan diatas maka diketahui:
      a0 = 64, a1 = 192, a2 = 240, a3 = 160 , a4 = 60, a5 = 12, a6 = 1
      jadi
      a) a0 + a1 + a4 + a6 = 64 + 192 + 60 + 1
      = 317
      NB : coba hal yg sama untuk soal no 2

  39. yudi dan romi ke bank menabung bersama pada tanggal 19 mei 2013,untuk selanjutnya yudi akan menbung setiap 12 hari sekali sedangkan romi menabung setiap 18 hari sekali,pada tanggal berapakah mereka akan pergi ke bank bersama sama lagi?

  40. Suatu persamaan fungsi dirumuskan f(x) = 2x-1 memiliki domain = { -1,0,1,2,3 }. Tentukan
    a.Daerah bayangan
    b.Himpunan Pasangan Berurutan

    mohon jawab dg cepat yaa

  41. Tiga puluh baju akan terjual jika harganya (dalam rupiah) Rp100, dan 40 baju akan terjual jika harganya Rp60.

    Tentukan
    A. Fungsi pemintaan nya
    B. grafiknya
    C. Permintaan tertinggi,
    D. Harganya, jika barang yang terjual sebanyak 50 baju

  42. tolong di bantu jawab ya,plis
    tentukan harga keseimbangan apabila
    permintaan : (x+10) (p+200)=300
    penawaran : p=2 +x/2

  43. butitikmembeli12lusincelanadan20kodibaju,berapabuahcelanadanbajuyangdibelibutitik?persegidenganluas62.500cm2,berapasentimeterpanjangnya?pamanmembeli144buahbuku,berapalusinbukuyangdibelipaman?

    • Jawaban untuk no.1 coba aja lu tanya sama bu titik,sebab nya yg beli baju sama celana dia…
      Jawaban untuk soal no.3 coba lu tanya sama paman lu,sebab nya kan dia yg habis membeli 144 buku

  44. Dua buah jenis mesin penggiling padi digunakan untuk menggiling satu peti padi. Untuk menggiling satu peti padi, mesin jenis pertama lebih cepat setengah jam dari mesin jenis kedua. Sementara jika kedua mesin digunakan sekaligus, dapat menggiling satu peti padi selama enam jam. Berapa jam waktu yang digunakan mesin jenis pertama untuk menggiling satu peti padi dan berapa jam waktu yang digunakan mesin jenis jedua untuk menggiling satu peti padi?

  45. sebuah mesin produksi berkapasitas besar dibeli seharga Rp 5.000.000.000 dengan biaya kirim dan angkut ke lokasinya Rp 250.000.000 diperkirakan mempunyai umur ekoomis 10 tahun dan scrap value sebesar Rp 300.000.000. hitung dan buatlah tabel depreiasi per tahun, akumulasi depresiasi, dan nilai buku per tahun dengan stright line method, sum of the years digit, double declining balance, dan production method, jika produksi tahun ke 1-5 adalah 2.000.000 unit per tahun, dan tahun ke 6-10 adalah 1.000.000 unit per tahun.

  46. sebuah bus berangkat dari yogyakarta pukul 06.40 menuju ungaran.jarak yogyakarta ke ungaran 90km. jika bus tiba di ungaran pukul 08.10, kecepatan rata rata bus tersebut adalah ……km

  47. lebar suatu persegi panjang kurang 3cm dari pada panjangnya,jika kelilingnya 38cm tentukan ukuran panjang dan lebar persegi tersebut?

    tlg d jwb …..

    • 1.3(x+2)=21
      3x+6=21
      3x =21-6
      3x =15
      x =3

      2.(x-4)=20
      x =20+4
      x =24

      3.5(x+2)=3x
      5x+10=3x
      10 =3x-5x
      10 =-2x
      x =-5

      4.6(x+2)=3x
      6x+12 =3x
      12 = 3x-6x
      12 =-3x
      x =-4

  48. Ayo Yang bisa bantu ngerjain soal matematika ini,,,bantuiin aku..please!!
    1. Hitung a dan b jika akar-akar 8x^2-2ax+a=0 adalah kebalikan akar-akar 9x^2-2bx+b=1.?

    2. Hitunglah a dan b jika akar-akar x^2-2ax+3b=0 adalah 2 kurangnya daripada akar-akar x^2-3ax+7b=0.?

  49. 1. lingkaran jari-jari r di dalamnya dibuat trapesium dengan alas 2r, berapa tinggi trapesium agar luasnya maksimum ?
    2.tentukan ukuran persegi panjang dalam lingkaran sehingga luas lingkaran maksimum
    3.dalam kerucut dengan tinggi h,jari-jari alasnya r, dibuat silinder tegak sehingga isinya maksimum.tentukan luas selimut silinder tersebut ?
    4. pada segitiga siku-siku, hitung 2 sudut lainnya sehingga luasnya maksimum ?
    jika ada yang tau , mohon diberi tau cara dan jawabannya ya, makasih ya

  50. dalam sebuah kompetisi matematika terdapat 15 soal, 4 point untuk jawaban yang benar dan -2 untuk jawaban yang salah, jika silvi menjawab 15 soal mendapat 36 point,
    berapakan selisih jawaban yang benar dan jawaban yang salah….???

  51. slpdv dengan cara grafik x+y=6 dan x-y=2
    slpdv dengan cara substitusi x-2y=4 dan 3x+4y=2
    slpdv dengan cara eliminasi 2x-5y=1 dan 3x-2y=7

  52. Panjang sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku membentuk barisan aritmetika. Jika panjang sisi siku-siku terpendek 24 cm maka panjang sisi siku-siku yang lain adalah?
    Mohon dijawab

  53. nilai x yg memenuhi persamaan cos x + sin x = √6 : 2 dapat dihitung dengan mengubahnya ke persamaan yg berbntuk k cos (x-a) = a. diantara nilai nilai x tersebut adalah . . .

  54. mau tanya nih gan….
    Titik (3 , -4) terletak pada garis dengan persamaan ax + by = 17 dan titik (-1 , 3) terletak pada garis dengan persamaan ax – by = 3. Nilai a dan b berturut-turut adalah??

  55. suatu kebun berbentuk persegi panjang degan keliling 630 m. jika panjangnya 15 m lebih dari lebarnya maka tentukan panjang dan lebar kebun tersebut

  56. sebuah persegi panjang memiliki panjang 1cm lebih dari 2 kali lebarnya. jika keliling persegi panjang 44cm, tentukan panjang dari persegi panjang tersebut!
    mohon jawabannya

    • 1 . garis 3x – 4y + 6 = 0 memiliki gradien?
      2 . Berikut yang merupakan bentuk sederhana dari 2x pangkat 2 + 5x -3 dibagi/per 4x pangkat2 -1

      tolong dijawab yah pliss , saya pengen dapet nilai bagus .

  57. 1 . garis 3x – 4y + 6 = 0 memiliki gradien?
    2 . Berikut yang merupakan bentuk sederhana dari 2x pangkat 2 + 5x -3 dibagi/per 4x pangkat2 -1

    tolong dijawab yah pliss , saya pengen dapet nilai bagus .

  58. Sebuah pabrik memiliki 3 buah mesin A,B,C jika ketiganya bekerja , 5.700 lensa yang dapat dihasilkan satu minggu jika hanya mesin A dan B bekerja , 3.400 lensa yang dihasilkan dalam satu minggu . jika hanya mesin A dan C bekerja , 4.200 lensa yang dapat dihasilkan dalam satu minggu. Berapakah banyak lensa yang di hasilkan oleh tiap-tiap mesin dalam satu minggu ?

    • Sebuah pabrik memiliki 3 buah mesin A,B,C jika ketiganya bekerja , 5.700 lensa yang dapat dihasilkan satu minggu jika hanya mesin A dan B bekerja , 3.400 lensa yang dihasilkan dalam satu minggu . jika hanya mesin A dan C bekerja , 4.200 lensa yang
      dapat dihasilkan dalam satu minggu. Berapakah banyak lensa yang di hasilkan oleh tiap-tiap mesin dalam satu minggu ?

      cepet di jawab plese
      mksih

  59. tolong bantu soal kelas 9,
    rata-rata ada 3 bilangan a,b dan c.ketika setiap bilangan di tambahkan dengan rata-rata 2 bilangan lainnya berturut-turut 70,100 dan 130.tentukan rata-rata ketiga bilangan itu?

  60. Rata-rata harmonis dari data: 3, 3, 6, 9, 9 adalah …
    tolong yah kak penjelasan (jalan) buat nyelesain soal itu juga jawabannya gimanaa please.. :) ditunggu hehe

  61. Diketahui garis k= 3x-y+2=0 yang memenuhi pencerminan terhadap garis
    diketahui garis k= 3x-y+2=0 yang memenuhi pencerminan terhadap garis y=x dan dilanjutkan dengan rotasi sejauh 90radian dengan pusat rotasi O(0,0). panjang ruas garis bayangan (k’) antara titik potong- titik potongnya dengan sumbu koordinat adalah…. satuan

    tolong dibantu dongg pleaseee

  62. sebuah taman berbentuk persegi panjang yang panjangnya 30 M dan Lebar 18 M. di sekeliling taman di tanami pohon cemara dengan jarak antar pohon 6 M jika harga satu pohon 50.000, maka biaya yang di perlukan untuk membeli seluruhnya adalah ?

  63. sebuah taman berbentuk persegi panjang yang panjangnya 30 M dan Lebar 18 M. di sekeliling taman di tanami pohon cemara dengan jarak antar pohon 6 M jika harga satu pohon 50.000, maka biaya yang di perlukan untuk membeli seluruhnya adalah ? TOLONG BANGET BESOK MAU DI KUMPUL :’( PLIS PLIS PLIS :’(

  64. selisih kelereng marisi dari kelereng marisa 35 butir. perbandingan banyak kelereng mereka 4:3. berapa banyak kelereng marisa?
    minta jawabannya dong, TOLONG DIJAWAB YA….soalnya BSOK DIKUMPUL

  65. beberapa pohon akan di tanam di sekeliling taman yg berbentuk lingkaran diameter tnaman tersebut 14 meter dan jarak antara dua pohon yang berdekatan adalah 2 meter banyaknya pohon yang akan itanam di skeliling taman adalah???….
    TOLONG JAWAB YA BESOK DIKUMPULIN NIHH…..

  66. Sebuah parabola memotong sumbu x di (1,0) dan (5,0) dan memotong sumbu y di (0,5), titik balik parabola adalah……. Tolong di jawab pakai cara ya soalnya besok dikumplin terimakasih

  67. jika dari anyer ke panarukan, 1/4 dari jarak tersebut ditanami pohon mangga dengan jarak 2 meter setiap pohonya. sisanya ditanami pohon asam dengan jarak 20 meter setiap pohonnya. berapa banyaak jumlah pohon mangga dan pohon asam? (masih SD sori yaa ..)

  68. kalau pada sebuah persegi panjang mempunyai lebar 5cm lebih pendek dari panjangnua
    Jika kell persegi itu 38 maka lias persegi itu adalah…

    tolongin ya, ini bingung gimna cari panjanv sama lebarnya. terimakasih :)

  69. Mf, q lh mnt bntuany kn?, gni soalny,
    jika p(x) dibagi oleh (x^2-x-2) maka sisanya 5x+7 dan jika dibagi x+2 maka sisanya -13. Jika p(x) dibagi x^2-4, maka sisanya adlh…
    Tolong d’bntu ya, soal d’kmpulin bs0x. Mksh

  70. dave menjual anak anjing kucing kelinci jumlah anak anjing 35% lebih dari anak kucing. anak kelinci 35% kurang dari anak kucing. jika ada 600 anjing kucing kelinci. berapa banyak anak anjing. maka anak kelinci yg ada di toko berapa

  71. maaf ganggu
    numpang tanya gan ,

    bagaimana penyelesaian dari soal spt ini ?
    untuk setiap bilangan positif a,b,c , buktikan bahwa a^3+b^3+c^3 >= 3abc

    mohon bantuannya

  72. 1. tentukan hasil bagi dan sisanya
    a. 3X2-2X2+5X-4 dibagi (3X-2)
    b.4X5-3X2+X+3 dibagi (3X+2)
    2.tentukan hsil bagi dan sisanya
    a. 2X4+3X3-X2+2X-5
    dibagi (2X2+x+1)
    b. -2X3+4X2+X+7 dibagi (-x2+5x-6)

  73. Dalan suatu kelompok mahasiswa terdapat 55 orang, dimana 31 mahasiswa menyukai OS Windows, sedangkan 35 mahasiswa menyukai OS Linux dan 8 mahasiswa tidak menyukai keduanya. Tentukan berapa banyak mahasiswa yang menyukai kedua OS tersebut dan buatlah diagram venn-nya!

  74. dik : berat kentang dari 8 butir kentang diperoleh dengan berat 1,2 ons
    dit : 1 . jika tetanga upik memesan 2kg keripik , berapa butir kentang yg harus d goreng upik
    2 . berapa butir kentang digoreng untuk membuat 6kg keripik
    3 . berapa kg keripik yg dihsilkan dari 60 butir kentang

  75. diketahui sebuah lingkaran dengan pusat O dan berjari jari 24 cm. Titik P dan Q terletak pada lingkaran sehingga <POQ = 90 derajat. Jika v = 3,14, panjang busur kecil PQ adalah

  76. ada yang bisa bantu? soal persamaan dan pertidaksamaan logaritma

    1. log log (4x+12) = log (log 4x-log 4) + log 2
    2. 5 log^2 x – log x^3 = 2 log^2 x + 6
    3. ^5 log (x-3) kurang dari 2
    4. ^1/3 log (x+2) lebih dari 1

    makasih bantuannya ^_^

  77. Luas lahan Pak Jaya 2.500m2. Dua Pertiga lahan tersebut ditanami padi. 15% ditanami sayuran, dan sisanya ditanami buah-buahan. Berapa meter persegi lahan Pak Jaya yang ditanami buah-buahan ?

    • yang ditanami padi = 2/3 x 2500 = 1666,67m²
      yang ditanami sayuran = 15/100 x 2500 = 375m²
      yang dianami buah-buahan = 2500 – 1666,67 – 375 = …
      selamat menghitung ya, semoga membantu :)

  78. dari 45 siswa VII-A , di antaranya 30 siswa suka matematika dan 25 siswa suka ipa . jika terdapat 15 siswa yang suka kedua – duanya , tentukan banyak nya siswa yang tida suka dengan matematika juga ipa ?
    jawab sekarang ya plisss ??????

    • misal:
      S = siswa kelas VII-A
      A = siswa suka matematika
      B = siswa suka IPA
      A∩B = siswa gemar keduanya
      A∪B = siswa gemar matematika atau IPA
      n(S) = 45
      n(A) = 30
      n(B) = 25
      n(A∩B) = 15
      n(A∪B) = n(A) + n(B) – n(A∩B) = 30 + 25 – 15 = 40

      banyak siswa yang tidak gemar keduanya = 45 – 40 = 5
      semoga membantu :)

  79. Jika terdapat 2 koin dilempar bersamaan, berapa persenkah kemungkinan kedua koin tersebut menunjukkan gambar yang sama (ekor-ekor, kepala-kepala, atau jika pada koin 500 indonesia: pancasila-pancasila, bunga melati-bunga melati) 8 kali berurutan dalam 1000 kali lemparan?
    b. Berapa persenkah kemungkinan kedua koin tersebut menunjukkan gambar yang sama 7 kali berurutan dalam 1000 kali lemparan?
    c. Jika dalam aplikasinya, berapa kali kah akan terjadi muncul gambar yang sama pada kedua koin secara berurutan 8 kali, dalam 1000 lemparan? atau dalam 5000 lemparan?
    Terimakasih atas bantuannya

  80. Lingkaran dengan titik pusat o berjari-jari 21 cm.titik P dan Q terletak pada lingkaran.
    Jika panjang burur PQ adalah 44 cm.
    Tentukan :
    a.besar sudut pusat POQ!
    b.luas juring POQ!

    • Keliling lingkaran = 2 x 22/7 x 21 = 132
      Luas lingkaran = 22/7 x 21 x 21 = 1386

      a) panjang busur PQ / keliling lingkaran = sudut pusat POQ / 360
      44/132 = sudut pusat POQ / 360
      sudut pusat POQ = 44/132 x 360 = 1/3 x 360 = 120

      b) luas juring POQ / luas lingkaran = sudut pusat POQ / 360
      luas juring POQ / 1386 = 44/132
      luas juring POQ = 44/132 x 1386
      bisa dilanjutkan kan :)

  81. Ini soal deret aritmatika. tolong bantu yah..
    diketahui barisan sepuluh bilangan a1, a2, a3, … , a10 jika a1=2p+25, a2=-p+q, a3=3p+7, dan an+1-an untuk n= 1,2,3,…,9 maka jumlah semua bilangan itu adalah…

  82. Sebuah taman berbentuk lingkaran dengan diameter 54 m. Jika taman tersebut akan ditanami rumput dengan biaya 50.000/m² tentukan biaya untuk membuat taman tersebut

    • Hitung dulu Luas lingkarannya:

      jari-jari = 54/2=27

      Luas taman = 3,14x27x27 = 2289,06
      Biaya membuat taman = 2289,06 x 50.000 = ???
      lanjutkan ya :)

  83. Jawab ya pertanyaannya !!!
    Dik : Bunga : 4,5%/ tahun
    Uang Bu irna : Rp.5.000.000,-
    Jangka waktu menyimpan uang : 4 bulan
    Dit : a. Hitunglah jmlh selama 4 bulan ?
    b. Brpa jmlh uang bu irna seluruhnya stlh 4 bulan ?
    JAWAB ???

  84. Kak, mau nanya.
    Sebuah kolam yang berbentuk lingkaran memiliki diameter 10m. Ditepi kolam terdapat jalan dengan lebar 2m. Tentukan:
    A. Luas kolam tersebut.
    B. Luas jalan ditepi kolam tersebut.
    Tolong dijawab ya kak:) makasih sebelumnya.

  85. k mau nanya
    harga 3 pasang sepatu dan 5 buah tas RP290.000 sedangkan harga 4 pasang sepatu dan 2 buah tas RP200.000 . Harga 3 pasang sepatu dan 2 buah tas adalah…
    tolong dijawab ya k, makasih sebelumnya.

  86. Nilai rata rata kelas A adalah 73, sedangkan nilai rata rata kelas B adalah 88, jika jumlah siswa kedua kelas tersebut adalah 75 dan nilai rata rata kedua kelas adalah 80, maka banyak siswa kelas A adalah ….. orang
    jawab… dan rumus

  87. sebuah menara memiliki ketinggian 72cm. jika tinggi menara pada gambar adalah 1,2cm. berapa skala yang di gunakan untuk menggambar menara tersebut?
    jawab:
    rumus:

  88. sebuah roda sepeda bergerak sejauh 80 m dan berputar sebanyak 100 kali.
    tentukanlah panjang jari jari roda tersebut!
    diameter persegi 14 cm

  89. tolong dong,,
    sebuah lempeng logam yang berukuran 10cm.5cm.3cm dilelehkan kemudian di bentuk menjadi sebuah limaspadat yang memiliki ukuran alas 9cm.5cm jika di asumsikan tidak ada logam yang terbuang, tentukan tinggi limas?

  90. harga beli 1 sak semen ( berat bruto 40 kg ) di beli dengan harga rp. 60.000,-. semen tersebut akan dijual eceran dengan harga rp. 2.000,-/kg. jika tara satu sak semen tersebut 2,5%, persentase keuntungannya sebesar = %

  91. Nilai x yang memenuhi pertidaksamaan (1/8 pangkat 2x-x pangkat 2 lebih kecil samadengan 2 pangkat x pangkat 2 – x pangkat 3 5 , x anggota R adalah

  92. badu mendapat tugas membuat 4 kerangka balok berukuran panjang 24cm, lebar20cm, dan tinggi 16cm. jika ia memiliki kawat dengan panjang 10m .
    panjang kawat yaang tidak terpakai adalah ???

  93. 1. Sebuah kotak berisi 8 bola merah , 3 bola putih dan 9bola biru apabila secara rabdom diambil tanpa pengambilan (without replacement)tentukan probabilitasnya a. Semua terambil 3 bola merah b. Semua terambil 3 bola putih c. Terambil 2 bola merah dan 1 bola putih d. Paling tidak terambil 1 bola putih e. Terambil masing
    masing warna 1 bola
    2. Ada 4 buku matematika yang tidak sams .6 buku gisika yang tidak sama

  94. ada empat buku matematika yang tidak sama,enam buku fisika yang tidak sama dan dua buku kimia yang tidak sama.Ada berapa cara pernyataan yang mungkin :
    a. masing – masing kelompok ilmu harus disusun bersama menjadi satu.
    b.hanya buku matematika yang disusun

  95. diketahui kubus ABCD.EFGH memiliki panjang rusuk 10 cm. titik P merupakan titik tengah garis AD. Hitunglah jarak:
    a.titik P ke garis BG
    b.titik P ke garis FG
    c.titik P ke bidang BCGF
    d.titik P kebidang ACGE
    e.titik P ke bidang BFHD
    f.titik P ke bidang BDHF

  96. saya ingin bertanya
    diketahui balok ABCD.EFGH dengan panjang AB=8dm BC=6dm CG=5dm hitunglah pnjang proyeksi garis:
    a.DF pada bdang EFGH
    b.DE pada bdang ABFE
    c.CF pada bidang ADHE

    jawab ya

    • saya ingin bertanya
      diketahui balok ABCD.EFGH dengan panjang AB=8dm BC=6dm CG=5dm hitunglah pnjang proyeksi garis:
      a.DF pada bdang EFGH
      b.DE pada bdang ABFE
      c.CF pada bidang ADHE

      jawab ya

  97. Keti menyelesaikan pekerjaan dalam 8 hari. Badi menyelesaikan pekerjaan dalam 12 hari:
    a. Jika Keti dan Badi bekerja bersama-sama, berapa bagian yang dapat dikerjakan dalam 1 hari?
    b. Berapa bagian yang dapat mereka kerjakan bersama dalam 3 hari?
    c. Berapa lama pekerjaan itu dapat mereka selesaikan bersama?
    d. Jika Badi bekerja sendiri 3 hari, berapa hari yang diperlukan Keti untuk menyelesaikan sisa pekerjaan seorang diri?

  98. ibu menabung di bank rp 1500000 ,dengan mendapat bunga 18% setahun.setelah beberapa bulan ibu mengambil seluruh uangnya sebesar rp 1680000, hitunglah berapa lama ibu menabung di bank tersebut?

  99. bagai mana cara mengerjakan ini
    dika membeli 3kg mangga dan 4kg jeruk dengan harga rp 54.000 indri membeli 2kg mangga dan 5kg jeruk dengan harga 53.500.bila nisa membeli 4kg mangga dan 3kg jeruk dengan menggunakan 1 lembar uang ratusan rupiah,berapa besar uang kembali yg di terima nisa adalah?

  100. a) Andaikan a > 0, b > 0, dan c < 2. Data yang diketahui manakah yang tidak digunakan ketika menunjukkan bahwa grafik fungsi kuadrat f(x) = ax2 + bx + c, selalu memotong garis y = 2 ? Mengapa ?

  101. b) Dalam persegipanjang ABCD, AB = 8 cm dan BC = 6 cm akan dibentuk segiempat ABQP, P pada CD, Q pada BC dan CQ = CP.
    Kalian harus meletakkan titik P dan Q sehingga diperoleh luas ABQP paling besar.
    Apakah masalah tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk model matematika yang paling sederhana ! Tentukan panjang CP !

  102. c) Sifat-sifat apa yang akan terjadi jika fungsi kuadrat dirumuskan oleh f(x) = ax2 + bx + c, a + b = 0 ? Mengapa ?

  103. d) Setujukah anda dengan pernyataan di bawah ini ? Mengapa ?
    Melalui tiga buah titik berlainan yang tidak segaris tidak dapat dibentuk tepat sebuah fungsi kuadrat.

  104. e) Tentukan jarak dari titik (1,1) ke garis 3x + 4y + 3 = 0 dengan menggunakan konsep fungsi kuadrat !

  105. f) Tunjukkan bahwa syarat supaya grafik fungsi kuadrat f(x) = ax2 + bx + c, a > 0 selalu memotong garis y = 1 adalah c ≤ 1 !

  106. Luas Sebuah belah ketupat 80 cm persegi dan panjang salah satu diagonalnya adalah 10 cm.panjang diagonal yang lainnya adalah….

    Tolong beri tahu jawabannya ???

  107. Luas Sebuah belah ketupat 80 cm persegi dan panjang salah satu diagonalnya adalah 10 cm.panjang diagonal yang lainnya adalah….

    Bagaimana jawabannya ???

  108. Sebuah kendaraan berangkat pukul 7.30 dan tiba di tujuan pukul 13.00 menempuh jarak 330 km. Kecepatan rata – rata kendaraan tersebut adalah …. km/jam
    Tolong di jawab, terima kasih

  109. diketahui A(4,-3), B(6,2) Dan C (4,4)
    a. tentukan koordinat titik D agar ABCD membentuk bangun layang-layang

  110. tolong bangt yaa, aku udh ngrjain soal ini, tapi hasil nya mlah muter”..
    Sederhanakanlah!
    A. cot ( 180 + a ) x cos ( 90 + a ) x cosec ( 90 – a )
    B. tan ( 90 + a ) x sin ( a – 180 ) x cosec ( 270 + a)

  111. Setelah 9 bulan uang tabungan susi di koperasi bejumlah Rp3.815.000,00.Koperasi memberi jasa simpanan berupa bungan 12% per tahun.Tabungan awa susi di koperasi adalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s